Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu Soal UAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X, XI, dan XII

Assalamulaiakum Sobat Guru yang budiman. Semoga Anda semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Kali ini saya akan membahas dan membagikan secara gratis kartu soal untuk ujian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X (Sepuluh), XI (Sebelas), dan XII (Dua Belas). Akan tetapi, sebelumnya saya akan membahas sedikit tentang kartu soal yang akan saya bagikan.

kartu soal uas ganjil bahasa indonesia kelas x, xi, dan xii
Sumber: Konfrontasi

Download kartu soal untuk mata pelajaran lain klik di sini.

Pengertian Kartu Soal

Kartu soal adalah salah satu hasil kerja guru sebagai salah satu tugas administrasi yang harus diselesaikan. Biasanya kartu soal ini diminta ketika menjelang pelaksanaan ujian. Akan tetapi, bagi guru yang profesional sebaiknya kartu soal ini sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian. Mengapa? Tentunya agar tidak kerepotan dikejar deadline. Selain itu guru juga dapat mengevaluasi dan menganalisis kembali butir soal yang telah dibuat apakah sudah sesuai dengan tuntutan kompetensi pada kurikulum atau tidak.

Tujuan dan Fungsi Kartu Soal

Tujuan dibuatnya kartu soal adalah sebagai acuan bahwa butir soal yang telah dibuat memang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan oleh kurikulum. Hal ini dapat dilihat dengan adanya kolom kompetensi dasar yang tertera dalam kartu soal. Kesesuaian antara butir soal dengan kompetensi dasar dapat dilihat pada indikator soal. 

Bagian-bagian Kartu Soal

Identitas Kartu

Pada bagian ini, terdapat informasi berupa nama mata pelajaran, kelas, jurusan, kurikulum yang digunakan, bentuk soal, dan nama guru pengajar.

Kolom Kompetensi Dasar, Materi, dan Indikator Soal

Pada bagian ini, dipaparkan kompetensi dasar apa yang menjadi tujuan pencapaian siswa dalam mengerjakan soal. Kompetensi dasar tersebut kemudian diterjemahkan menjadi indikator. Selain itu, materi yang diujikan juga ditulis pada bagian ini.

Kolom Sumber, Butir Soal, dan Kunci Jawaban

Bagian ini adalah inti dari sebuah kartu soal. Pada bagian ini dipaparkan butir soal yang akan diujikan, pilihan jawaban, dan kunci jawabannya.

Kolom Keterangan Kartu Soal

Bagian ini biasanya ada di akhir atau di bagian bawah kartu soal. Isinya adalah keterangan penggunaan kartu soal, tingkat kesukaran, taksonomi bloom, dan lain-lain.

Download Kartu Soal UAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X, XI, dan XII

Untuk melihat bagaimanakah contoh kartu soal ujian akhir semester ganjil untuk SMA/SMK, berikut adalah daftar link yang dapat Anda akses.








8 komentar untuk "Kartu Soal UAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X, XI, dan XII"

  1. Alhamdulillah...
    Terbantu sekali
    Terimakasih adm🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2. Silakan mampir kembali ke blog saya.

      Hapus
  2. Alhamdulilah. Terima kasih, semoga Allah membalas kebaikan anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih kembali, Ibu. Semoga lancar tugas mengajarnya.

      Hapus
  3. Alhamdulillah, terimakasih Kak Marnulis, izin copas, semoga Allah membalas kebaikan Anda.

    BalasHapus
  4. Alhamdlh, makasi atas kebaikannya sangat bermanfaat

    BalasHapus