Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Menyusun Teks Eksplanasi

Assalamualaikum. Apa kabar semua? Semoga selalu sehat ya, supaya bisa terus belajar agar meraih prestasi. Kali ini saya akan membagikan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI (sebelas) yaitu tentang langkah-langkah menulis teks eksplanasi.

langkah langkah menyusun teks eksplanasi




Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan proses terjadinya fenomena alamiah. Fenomena alamiah tersebut dapat berupa fenomena alam, sosial, ataupun budaya. Melalui teks eksplanasi pembaca akan memahami bagaimana fenomena-fenomena itu terjadi.

(baca juga Teks Eksplanasi)

Untuk menulis teks eksplanasi sebenarnya tidak sulit. Penulis hanya butuh membaca hasil penelitian atau fakta-fakta terkait proses bagaimana fenomena itu terjadi. Maka dari itu, yang paling penting dilakukan oleh penulis adalah membaca sebanyak mungkin.

Kemudian, secara umum langkah-langkah dalam menyusun teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

1. Menentukan kejadian atau fenomena yang akan dijelaskan.

Bagian ini merupakan bagian yang pertama kali harus dilakukan. Dengan merencanakan objek atau topik yang akan ditulis, penulis dapat mengira-ngira informasi apa saja yang dibutuhkan dan sumber apa yang bisa digunakan.

2. Mencari informasi tentang kejadian atau fenomena yang akan dijelaskan

Bagian ini merupakan bagian yang paling penting dan krusial. Sebab, jika salah mengambil informasi atau sumber informasinya tidak valid, maka tidak hanya berakibat terhadap kualitas tulisan, tapi juga berakibat terhadap pembacanya. Bisa jadi teks eksplanasi yang telah disusun dicap sebagai hoax. Maka dari itu, penulis sangat perlu hati-hati dalam mencari informasi.

3. Mulai menulis dengan membuat kerangka

Dengan membuat kerangka, tulisan akan terstruktur dan terpandu. Jadi, jika nantinya ide terlalu melebar dapat dikendalikan dengan adanya kerangka. Kerangka dalam hal ini dapat dibuat dengan mengacu kepada struktur teks eksplanasi yang terdiri dari penjelasan umum, penjelasan proses, dan penutup.

(baca juga Teks Eksposisi)

4. Kembangkan teks

Setelah menulis kerangka, langkah selanjutnya adalah mengembangkannya menjadi teks utuh. Hal yang perlu dilakukan dalam proses ini adalah menambah dan memperjelas informasi umum yang telah disusun dalam kerangka. Misalnya menambahkan peristiwa-peristiwa yang mirip dan sebagainya.

5. Merevisi atau mengedit tulisan

Langkah paling akhir dalam penulisan teks eksplanasi adalah menyunting, mengedit, atau merevisi teks eksplanasi yang telah dikembangkan dari kerangka. Pada bagian ini, penulis dapat mengedit tata bahasa, penggunaan diksi yang baku, ataupun memeriksa kesalahan tulisan. Hal yang perlu diingat dalam proses mengedit ini adalah jangan sampai mengubah terlalu jauh teks eksplanasi yang telah dibuat sebelumnya. Hal yang dikhawatirkan adalah penulis menjadi berubah ide yang akhirnya mengubah keseluruhan teks eksplanasi baik dari segi judul, objek, ide, dan sebagainya.

Sebagai seorang penulis yang belum berpengalaman, atau bahkan (seharusnya) belum layak disebut penulis, biasanya Anda akan melakukannya. Saat mencari seseorang yang tahu lebih banyak tentang menulis dan kemudian mendapat pekerjaan berkomentar, bahasa yang bagus adalah "mengkritik dan menyarankan".

Menemukan orang yang tepat itu perlu dan harus diperhatikan karena tidak semua orang yang mengerti teori dan praktek menulis akan bisa memahami kritik dan saran.

Artinya, secara umum, pastikan orang tersebut memiliki pengetahuan dasar dan tingkat menulis. Namun, sebaiknya orang yang diajak berdiskusi adalah orang yang terlibat dalam penulisan. Di dalam literatur. Ketika kita berbicara tentang karya ilmiah, kita juga harus bersama orang-orang yang aktif di bidang karya ilmiah. 

Kita juga harus mengenali mereka dari karakter mereka atau setidaknya tahu bagaimana berbicara dan apa arti kalimat dalam percakapan. Kami mengetahui arah pembicaraan dan memahami maksudnya sehingga tidak terjadi salah paham. Kesalahpahaman ini harus diminimalisir ketika kita berada di ruang diskusi tentang pekerjaan yang telah kita lakukan dan membutuhkan umpan balik dari orang lain, terutama yang memahami tulisan.

Nah. Itu dia langkah-langkah dalam menyusun teks eksplanasi. Semoga bermanfaat bagi kalian, dan selamat mencobanya. Terima kasih.

Bagaimana cara menyusun teks eksplanasi?

Jika kalian mendapat tugas dari gurunya tentang bagaimana cara menyusun teks eksplanasi, kalian bisa membacanya di atas. Penjelasan tentang bagaimana cara menyusun teks eksplanasi di atas juga sudah ada. Kalian tinggal membaca dan memahaminya.
Singkatnya berikut adalah langkah-langkah dalam menyusun teks eksplanasi.
  1. Menentukan kejadian atau fenomena yang akan dijelaskan
  2. Mencari informasi tentang kejadian atau fenomena yang akan dijelaskan
  3. Mulai menulis dengan membuat kerangka
  4. Kembangkan teks
  5. Merevisi atau mengedit tulisan
Intinya Langkah pertama yang harus kalian lakukan Ketika mau Menyusun teks eksplanasi adalah menentukan terlebih dahulu kejadian atau fenomena apa yang akan kalian bahas. Kemudian, kalian cari informasi tentang kejadian atau fenomena tersebut sedetil mungkin. Langkah berikutnya adalah kalian susun dan tulis sesuai dengan kerangka teks. Langkah berikutnya adalah mengembangkan isi teks dan yang terakhir adalah merevisi teks eksplanasi apabila terdapat kesalahan baik dari ide ataupun dari aspek kebahasaannya.

Ada baiknya Ketika kalian mau Menyusun teks eksplanasi, kalian pelajari dulu macam-macam fenomena alam. Sebab, biasanya yang menjadi tema dalam tugas menulis teks eksplanasi adalah fenomena alam. Jadi, jika kalian telah banyak mengetahui tentang fenomena alam, maka kalian akan lebih mudah Menyusun teks eksplanasi. Kalian juga akan lebih mudah dalam mengembangkan teks eksplanasi tersebut karena memang sudah ada di luar kepala kalian. Jadi, silakan pilih fenomena alamnya. Kemudian pelajari. Jadi seandainya kalian mendapat tugas dari guru tentang bagaimana cara Menyusun teks eksplanasi? Kalian dapat langsung menjawabnya. Bahkan, tidak hanya itu, kalian juga dapat segera menyelesaikan tugas tersebut tanpa melihat di internet sekalipun. Sebab, kalian telah mempelajari sebelumnya. 

Itu dia sobat, jawaban dari pertanyaan bagaimana cara Menyusun teks eksplanasi. Semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan atau ada masukan untuk arikel ini, jangan sungkan-sungkan untuk menulis komentar di bawah postingan artikel ini. Dan jangan lupa Kalian bagikan ke teman-teman kalian, apabila artikel ini bermanfaat untuk kalian. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Menyusun Teks Eksplanasi"