Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Laporan Hasil Observasi; Pengertian, Struktur, dan Contoh


Kali ini Marnulis akan membahas salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013 revisi 2017. Materi ini diajarkan pada awal semester, yaitu teks laporan hasil observasi. Teks ini diajarkan baik SMA, MA, ataupun SMK. Bagi para guru, juga akan dibahas pengalaman mengajarkan materi teks laporan hasil observasi ini dengan menarik. Simak ulasan berikut.

menulis teks laporan hasil observasi

Teks Laporan Hasil Observasi

Berasal dari kata kunci laporan dan observasi, teks laporan hasil observasi adalah penjabaran mengenai suatu hal secara rinci. Hal yang dilaporkan dalam hal ini dapat berupa benda, proses, adat, dan sebagainya. ciri utama teks ini adalah penggambaran bagian-bagian secara rinci. Misalnya, teks yang mengambil objek observasi sebuah mobil. Maka, teks laporan hasil observasi menjelaskan tentang definisi umum "mobil" dan deskripsi bagian dari mobil itu sendiri.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki 2 struktur utama, yaitu: pernyataan umum, dan aspek yang dilaporkan.Selain dua struktur tersebut ada juga yang menyebutkan penutup sebagai struktur terakhir dari teks laporan hasil observasi. Oke. Mari kita lihat stuktur yang pertama.

  • Pernyataan Umum

Struktur pertama teks laporan hasil observasi ini berisi definisi umum dan klasifikasi. Definisi umum adalah penjelasan umum tentang objek yang dilaporkan. Definisi umum berbentuk kalimat definisi. Ciri-ciri kalimat definisi adalah penggunaan verba definisi yaitu; adalah, ialah, merupakan, ialah, yaitu, dan yakni. Jadi sangat mudah untuk mengidentifikasi kalimat definisi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi. Caranya adalah dengan mencari kata kunci adalah, merupakan, dan sebagainya.

Kedua adalah klasifikasi. Setelah dijelaskan melalui kalimat definisi, objek yang dilaporkan atau diamati juga diklasifikasikan berdasarkan jenis atau lainnya. Misal, objek yang diamati dan yang akan ditulis adalah mobil, maka dalam hal ini kalimat klasifikasi dapat berupa penjelasan bahwa mobil termasuk dalam kategori kendaraan ringan. Kalimat klasifikasi dapat ditemukan dengan melihat beberapa kata kunci, antara lain: termasuk, tergolong, dikelompokkan, dikategorikan, dimasukkan, dan sebagainya.

Contoh kalimat definisi umum.

"Laptop adalah sebuah perangkat elektronik yang menjalankan sebuah sistem operasi yang dapat membantu manusia modern dalam menyelesaikan pekerjaannya."

Contoh kalimat klasifikasi.

"Komputer termasuk dalam kategori perangkat elektronik yang kompleks."

  • Deskripsi Bagian atau Aspek yang Dilaporkan

Bagian ini berisi penjabaran secara rinci tentang bagian-bagian atau aspek lain dari objek yang diamati. Misalnya penjabaran bagian dari objek, maka yang harus ditulis adalah penjelasan mengenai bagian atau unsur dari objek yang diamati. Misal, objek yang diamati adalah mobil, maka pada bagian deskripsi bagian ini dijelaskan tentang bagian-bagian mobil.

Namun, jika yang ingin dijelaskan adalah aspek, maka dapat ditulis tentang aspek manfaat, ciri-ciri khusus, atau contohnya.

Contoh deskripsi bagian

"Salah satu bagian penting dari mobil adalah kerangka atau chasis. Dapat dikatakan bahwa chasis merupakan desain utama dari sebuah mobil. Dalam hal ini, bentuk akhir sebuah mobil ditentukan oleh desain chasis yang dibuat oleh pabrik."

Contoh deskripsi aspek yang dilaporkan

"Salah satu manfaat dari komputer adalah mempermudah pekerjaan kantor seperti mengetik dan memasukkan data. Selain itu, komputer juga dapat digunakan untuk merancang atau mendesain bentuk dengan menggunakan aplikasi."

Contoh teks laporan hasil observasi sesuai dengan strukturnya.


Mengenal Motor Balap Listrik Generasi Terbaru


Motor balap listrik adalah salah satu pengaplikasian teknologi mesin listrik generasi terbaru. Motor Balap listrik ini tergolong sebagai teknologi mesin yang hemat energi dan ramah lingkungan. Namun, meskipun begitu kecepatannya tak kalah dengan mesin berbahan bakar minyak.

Motor yang pertama kali diperkenalkan di Roma pada Februari 2018 ini akan menjajaki seri balapnya pada musim 2019. Yang membedakan dari motoGP selain bahan bakar elektrik yang digunakan adalah tidak adanya gearbox. Selain itu ada tiga komponen utama yang digunakan dalam EgoGP (balap motor elektrik).

Pertama adalah Vehicle Control Unit (VCU). Komponen ini berfungsi untuk memonitor dan mengatur baterai, inverter, alat cas, dan ABS. Selain itu, fitur ini juga dapat memonitor tenaga motor berdasarkan geberan gas sebanyak 100 kali per detik selama berkendara.

Kedua, Supply Unit yang berisi baterai isi ulang yang tersegel dalam sebuah bungkus tersegel. Biasanya baterai akan cepat panas jika dibungkus dan mengurangi daya tahannya. Namun bungkus baterai Energica EgoGP dirancang untuk mengatasi masalah overheat tersebut.

Ketiga, eABS generasi terbaru yang mampu membatasi torsi regeneratif maksimal dalam kondisi jalan basah. Sistem ini bisa memverifikasi friksi pada jalan dan jika basah ia akan segera membatasi torsi maksimum motor.

Posting Komentar untuk "Teks Laporan Hasil Observasi; Pengertian, Struktur, dan Contoh"