Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjawab Soal Bahasa Indonesia dengan Cepat

Soal Ujian Bahasa Indonesia sering kali menjadi momok menakutkan bagi siswa. Jangan heran. Mata pelajaran yang sering dientengkan ini ternyata memiliki kesulitan tersendiri. Bahkan, dahulu banyak siswa yang tidak lulus ujian gara-gara gagal di ujian Bahasa Indonesia.

Sebenarnya, ujian Bahasa Indonesia tidaklah semenakutkan itu lho. Sama seperti ujian mata pelajaran lain, ujian Bahasa Indonesia juga dapat dengan mudah diselesaikan. Jawaban sederhananya ya harus belajar. Hehe.

cara menjawab soal bahasa indonesia dengan cepat
Sumber: zuhriindonesia.blogspot

Tapi, yang ingin dijelaskan dalam artikel ini adalah cara menjawab soal ujian Bahasa Indonesia agar mendapatkan hasil yang baik. Cara ini dapat digunakan sebagai penunjang keberhasilan kalian setelah belajar dengan keras. Apalagi dengan model soal hots yang berbasis teks, tentu kalian memerlukan strategi jitu.

1. Baca soal terlebih dahulu


Cara ini sangat efektif diterapkan untuk menghemat waktu pengerjaan. Soal Bahasa Indonesia dengan model hots menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah berbasis teks. Jadi yang harus dipahami dulu adalah soalnya. Soal itu menyuruh apa. Jangan sampai terburu-buru dalam membaca soal. Setelah itu baru naik ke teksnya. Lalu temukan jawabannya.

2. Kerjakan soal yang mudah


Cara ini juga masih berkaitan dengan mengefisiensikan waktu. Jika kalian punya waktu banyak, kalian punya kesempatan untuk memikirkan soal lain yang sulit. Selain soal yang sulit, soal yang harus disisihkan terlebih dahulu adalah soal yang panjang. Apalagi bagi kalian yang kemampuan membacanya minim.

Baca juga Teknik Menyajikan Data dalam Bab Pembahasan Penelitian Sastra

3. Kenali kata kunci dan ciri-ciri soal


Cara berikutnya adalah mengenali kata kunci dan ciri-ciri soal. Soal Bahasa Indonesia memiliki kata kunci yang harus kalian pahami, misalnya soal tentang ide pokok. Untuk menjawab soal tentang ide pokok kalian harus paham jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya. Jika sudah, kalian pasti dapat dengan mudah menjawab soalnya.

4. Membaca efektif


Cara berikutnya adalah membaca soal dengan efektif. Seringkali soal Bahasa Indonesia yang panjang membuat kalian frustasi. Sebenarnya kalian tidak akan frustasi jika dapat membaca dengan efektif.

Membaca efektif yang dimaksud di sini adalah tidak mengulang bacaan. Kalian harus fokus dan benar-benar memahami isi dari teks yang dibaca. Selain itu, kalian harus memerhatikan penjedaan dan pemenggalan frasa dan klausa. Dengan begitu maksud dari teks dapat dipahami dipahami dengan tepat.

Nah. Itulah beberapa cara yang dapat kalian gunakan ketika menghadapi ujian Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat ya.

1 komentar untuk "Cara Menjawab Soal Bahasa Indonesia dengan Cepat"