Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu Soal Bahasa Indonesia Kelas XI UAS Genap

Assalamualaikum.

Apa kabar sobat, Guru? Salah satu yang menjadi kewajiban kita sebagai guru adalah dengan mengerjakan tugas administrasi, seperti RPP, Prota, Prosem, dan Kartu Soal. Nah, fungsi dari tugas-tugas administrasi itu tidak lain adalah untuk membantu kinerja guru untuk mengajar di kelas.

Kali ini, Marnulis akan membahas dan membagikan salah satu tugas administrasi guru, yaitu kartu soal Bahasa Indonesia kelas XI UAS Genap. Menjelang ujian akhir semester (UAS) seorang guru harus menyiapkan soal untuk diujikan kepada peserta didiknya. Tujuan ujian tersebut adalah untuk mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran di kelas. Selain itu, yang terpenting dari dilaksanakannya ujian adalah sebagai bukti kepada orang tua tentang perkembangan belajar anaknya di sekolah. Oleh karena itu, seorang guru tidak boleh sembarangan dalam menyusun soal yang akan diujikan kepada peserta didiknya dalam ujian.

Download kartu soal untuk mata pelajaran lain klik di sini.

Kartu Soal Bahasa Indonesia Kelas XI UAS Genap
Sumber: Pinterest



Kartu soal dibuat atau disusun dengan tujuan untuk menjelaskan bahwa soal yang diujikan kepada peserta didik benar-benar sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Artinya, setiap soal harus mengacu kepada kompetensi dasar tertentu. Jika tidak, maka soal tersebut tidak layak diujikan karena tidak berhubungan dengan kompetensi yang diharapkan dicapai oleh peserta didik. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan bagian-bagian atau komponen yang ada dalam kartu soal.

1. Identitas


Pada bagian ini, terdapat informasi mengenai nama sekolah, kelas, kurikulum, nama mata pelajaran, dan nama guru.
Contoh:

identitas kartu soal bahasa indonesia kelas xi uas genap

2. Kolom Kompetensi Dasar, Indikator Soal, dan Materi Soal


Bagian ini menjelaskan kompetensi dasar yang menjadi acuan dari soal yang diujikan. Selain itu juga terdapat indikator soal sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dalam menjawab soal dan materi apa yang dujikan dalam soal.
Contoh:
kompetensi dasar kartu soal bahasa indonesia kelas xi uas genap

Baca juga:

3. Sumber, Butir, dan Jawaban Soal


Bagian ini berisi sumber soal, artinya di sini guru harus menyebutkan sumber soal atau sumber kutipan teks yang terdapat dalam soal. Setelah itu adalah butir dan jawaban soal. Dalam bagian ini nantinya dapat diukur kualitas soal yang dibuat oleh guru.
Contoh:
sumber, butir, dan jawaban kartu soal bahasa indonesia kelas xi uas genap

4. Keterangan Soal


Bagian ini menjelaskan informasi-informasi tambahan tentang soal yang diujikan, seperti tanggal ujian, kemudian kolom taksonomi bloom, dan sebagainya.
Contoh:
keterangan kartu soal bahasa indonesia kelas xi uas genap

Untuk lebih jelasnya, silakan download contoh kartu soal Bahasa Indonesia Kelas XI UAS Genap berikut ini.

Nah, itu dia pembahasan tentang kartu soal Bahasa Indonesia Kelas XI UAS Genap. Semoga bermanfaat. Silakan dibagikan dan tulis komentar untuk kritik dan saran. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kartu Soal Bahasa Indonesia Kelas XI UAS Genap"