Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Ulasan Film Yang Menarik

ulasan film

Ulasan film adalah salah satu bentuk tulisan yang membahas sebuah film dari suatu sudut pandang. Ada beberapa pendapat mengenai definisi tepatnya. Namun, semuanya sepakat bahwa mengulas film adalah membahas sisi menarik dari sebuah film yang sudah ditonton.

Ulasan film berfungsi sebagai media promosi sebuah film yang akan segera dirilis. Ulasan film yang seperti ini biasanya datang dari penonton awal di negara film itu dirilis. Selain itu, ulasan film juga dapat ditulis oleh seseorang yang menonton sebuah film di hari perdana penayangannya. Penonton yang seperti ini biasanya adalah seorang movieholic dengan sejuta teori dan pemahaman tentang bagus tidaknya sebuah film. Melalui tulisannya tersebut orang-orang dapat mengetahui kesan awal dari sebuah film.

Tidak hanya itu, saat ini tulisan yang membahas film dapat menjadi sumber uang jajan atau bahkan penghasilan. Beberapa situs di Indonesia menerima kiriman naskah ulasan film dengan memberikan fee sebagai apresiasi atas tulisannya. Sejauh yang saya ketahui, nominal minimal fee yang diberikan adalah Rp100,000. Bagaimana? Anda tertarik? Simak beberapa tips menulis sebuah ulasan film yang bagus di bawah ini.


  • Pilih Film Yang Menarik

Syarat pertama sebelum menulis sebuah ulasan film adalah dengan menentukan film yang bagus dan menarik. Tentu saja, Anda tidak akan menulis ulasan sebuah film yang biasa-biasa saja atau justru jelek. Nah, untuk mendapatkan informasi tentang film mana yang bagus, Anda dapat mengetahuinya dengan membaca berita seputar dunia entertainment.Hampir semua media, baik cetak ataupun online/daring, memiliki rubrik tentang dunia hiburan termasuk film. Di situlah Anda dapat menentukan film mana yang akan Anda tonton dan ulas.

Selain membaca Anda juga dapat melihat rating dari sebuah film di situs download film atau situs yang memang menangani survei tentang sebuah film. Situs yang paling populer untuk mendownload film saat ini adalah LK21 dan indoxxxi. Anda dapat melihat rating dari sebuah film dengan melihat angka yang ada di pojok kanan atas poster film tersebut. Situs lain untuk melihat rating sebuah film yang sedang tayang atau sudah adalah IMDb dan Rotten Tomatoes. Kedua situs itu bahkan juga membahas segala hal tentang film, mulai dari pemeran, pendapatan, hingga kesalahan-kesalahan. Tapi tentu saja dalam Bahasa Inggris.


  • Cari Informasi Mengenai Pemeran atau Sutradara Film

Hal yang umum dari sebuah ulasan film adalah pembahasan mengenai akting dari salah satu pemeran dan kejeniusan sang sutradara mengatur skene yang menarik. Meskipun Anda tidak berlatar belakang berkecimpung dalam dunia perfilman, Anda minimal memiliki perasaan yang peka untuk menilai kedua peran penting dalam sebuah film itu.

Jika Anda membahas tentang salah satu pemeran dalam sebuah film, Anda wajib tahu bagaimana rekam jejaknya selama berkarir di dunia perfilman. Anda tentu dapat membaca ulasan tentang film yang sebelumnya dimainkannya. Begitu juga halnya dengan kiprah seorang sutradara, Anda minimal tahu film apa saja yang pernah digawanginya. Hal itu dapat menjadi senjata utama tulisan ulasan film Anda, atau dapat juga menjadi informasi cadangan yang dapat Anda masukkan.


  • Memiliki Sikap Kritis

Dari beberapa poin di atas, mungkin sikap kritislah yang paling utama. Sebab, dari sinilah ide sebuah tulisan dapat dikembangkan. Sikap kritis tentu tidak didapatkan secara instan. Diperlukan pengetahuan yang memadai tentang film untuk memunculkan sikap kritis.

Film yang hanya menonjolkan pertunjukan teknologi animasi dan editing, dengan menghiraukan plot atau alur cerita adalah film yang kurang bagus. Sebab sebenarnya, tujuan sebuah film adalah menghadirkan cerita itu sendiri, yang dari cerita tersebut penonton akan mendapatkan hiburan sekaligus nilai-nilai yang bermakna untuk kehidupannya.Itu adalah salah satu contoh pengetahuan yang dapat dijadikan sebuah landasan untuk mengkritik sebuah film.

Apakah ulasan film harus mengkritik?
Tidak selamanya. Ada juga film yang justru dibahas sisi menariknya. Tidak melulu mencibir atau nyinyir terhadap sebuah film. Saya sendiri termasuk tipe yang kurang minat untuk mengkritik film. Saya lebih memilih untuk melewatinya dan mencari film yang kira-kira dapat saya jelaskan kelebihan-kelebihannya.

Bagaimana Anda tertarik untuk menulis sebuah ulasan film? Jika iya, ketiga tips di atas dapat membantu Anda sebelum Anda benar-benar menjadi pengulas film. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Menulis Ulasan Film Yang Menarik"